Delicious LinkedIn Facebook Twitter RSS Feed

Pengertian supervisor

Berikut ini beberapa pengertian supervisor menurut beberapa ahli: 

1. Menurut Sarwoto (1993:107), pengertian supervisor adalah : ”Seorang di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab terhadap kelompok kerjanya”.
2. Menurut Moekijat (1990:573), pengertian supervisor adalah : “Seorang anggota dari management lini depan pertama yang bertanggung jawab atas pekerjaan dari kelompoknya kepada tingkatan management yang lebih tinggi”.
3. Menurut Raphael, R. Kavanaugh dan Jack D. Ninemeire (2001:21) mengatakan bahwa supervisor adalah : “Someone who manages entry level or other employee who do not have responsibility”. Dapat di terjemahkan bahwa supervisor adalah seseorang yang bertanggung jawab mulai dari level bawah atau pekerja lainnya yang tidak memiliki atasan yang bertanggung jawab terhadap mereka. Peran kerja supervisor berada di tingkat madya, yaitu di antara para atasan perancang kebijakandan di antara para pegawai pelaksana langkah-langkah kebiasaan di lapangan. Dengan kegunaan kerja yang berada di antara itu, maka tugas utama penyelia ialah untuk melakukan penyeliaan terhadap para pegawai pelaksana langkah-langkah kebiasaan kegiatan niaga perusahaan sehari-hari. Penyelia adalah tingkat kepemimpinan yang tidak boleh merancang kebijakan yang bersifat laku-baik (strategic), tetapi hanya boleh menerjemahkan dan menyampaikan kebijakan laku-baik atasannya kepada parabawahan untuk dikerjakan dengan berhasilguna (effective) dan mampu menghasilkan (productive).

0 komentar: